Selasa, 19 Agustus 2014

Pengertian Star Ground

Star Ground adalah metode dalam pembuatan jalur PCB yang mana Groundnya bertumpuk pada satu titik, dimana manfaat metode ini untuk mengurangi dengung, humm, atau nois pada suatu rangkaian. atau skemanya seperti ini


gambar 1

Kali ini kita akan membahas tetang perencanaan grounding pada layout PCB untuk power amplifier. Pada gambar diatas telah saya buatkan rangkaian power amplifier atau circuit diagram dasar ampli. Dimana terdiri dari bagian blok input untuk memasukkan sumber audio, rangkaian penguat amplifier, dan terakhir rangkaian output audio siap masuk ke speaker.

Untuk menghubungkan rangkaian input ke power amplifier dan bagian output audio ke sistem speaker, maka anda harus mengerti sistim grounding yang baik. Anda tidak bisa menggunakan jalur atau kabel ground secara sembarangan.

Sekarang mari kita lihat gambar-1 tentang perencanaan layout PCB power amplifier dengan sistem star grounding yang baik. Dimana star-grounding yang dianjurkan untuk mengatasi atau menghilangkan hum, dengung, distorsi suara, atau cacat audio. Disini ada star grounding dengan lapisan jalur PCB yang tebal meliputi tujuan ke terminal speaker, capasitor coupling output audio, dan power bank capasitor power supply. Sedang jalur grounding input audio menggunakan tembaga tipis. Sebagai misal, jalur star grounding yang tebal menggunakan lebar 4 mili meter, maka jalur grounding input audio bisa menggunakan cukup 1 mili meter saja.



gambar 2

Silakan anda mencoba untuk merancang layout PCB power amplifier dengan jalur star grounding yang benar agar kita mendaptkan kualitas audio amplifier yang baik, jernih tanpa hum dan tidak ada kolorasi suara. Pada gambar-2 ditunjukkan aplikasi star grounding pada layout PCB audio yang telah jadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar